Arti dan Definisi Seputar Mesin Laser Engraving

Pada era tahun 2000-an, Perusahaan yang menyediakan jasa laser cutting engraving atau laser potong grafir masih tergolong sangat jarang . Mesin laser cutting engraving sendiri mempunyai berbagai macam jenis dan kemampuan yang berbeda-beda sesuain dengan keperluan. Mesin laser cutting engraving yaitu sebuah teknologi mesin yang menggunakan laser untuk memotong dan mengukir sebuah benda/material tertentu, tetapi menggunakan komputer/program software khusus untuk membimbingnya.

Pada tahun 1965, mesin laser cutting engraving pertama kalinya digunakan untuk mengebor berlian. Mesin laser cutting engraving dijadikan oleh Pusat Penelitian Teknik Western Electric pada tahun 1967. Pada awal tahun 1970-an, mesin laser cutting diciptakan pemotong titanium untuk aplikasi ruang angkasa.

Kegunaan mesin laser cutting engraving ini adalah untuk hal-hal yang bersifat kreatif, misalkan souvenir/merchandise yang terbuat dari acrylic (Akrilik), marmer, kaca, kayu, kertas, karet stempel, kulit sintetis dan lain sebagainya. Jenis dari mesin laser cutting engraving sendiri diproduksi sesuai ukuran yang biasa digunakan dalam produksi kreatif Pengolahan suatu bahan/material. Adapun yang kini sering dipakai di industri/usaha yaitu 40 x 60 cm, 60 x 90 cm, 90 x 120 cm, 90 x 140cm, 130 x 250cm, dan lainnya. Seiring dengan banyak jenis bahan/material yang dapat digunakan di mesin laser cutting engraving, maka cahaya plasma/laser dapat diatur sesuai dengan keperluan, entah itu hanya dipakai untuk menggores/mengukir/grafir (engraving), atau untuk memotong/menembus (cutting) material sehingga menciptakan potongan cocok dengan yang diinginkan. Umumnya untuk menggores/mengukir/grafir (engraving)diperlukan energi/cahaya laser plasma yang cukup kecil tetapi memerlukan waktu yang lebih lama. Meskipun untuk memotong/menembus (cutting) diperlukan energi/cahaya laser plasma yang lumayan besar namun waktu proses pelaksanaan yang lebih cepat dibandingkan proses grafir.

Adapun kemampuan mesin laser cutting engraving yaitu sebagai berikut :

– Menggores (marking), cahaya laser merusak komponen permukaan material sehingga meninggalkan bekas berupa goresan.
– Gravir (engraving), cahaya laser plasma menggores permukaan material dengan kedalaman yang berbeda sehingga menciptakan wujud ukiran atau gambar atau motif yang cocok dengan gambar yang kita inginkan.
– Melubangi (perforating/punching/cutting), cahaya laser plasma melubangi material dengan wujud sesuai yang kita inginkan.

Adapun kelebihan dari mesin laser cutting engraving ini yaitu cahaya laser plasma yang dipakai sebagai alat ukir/grafir dan potong. Kualitas grafir/ukiran sangatlah baik dan detil, serta mempunyai nilai seni yang baik dan pengerjaannya juga yang betul-betul cepat.

Untuk perawatan mesin laser cutting engraving yaitu dengan merawat tabung laser mesin, perhatikan pembersihan sistem optik pada lensa, Pembersihan pada sistem exhaust, perhatikan sistem penggantian dan pemasangan tabung laser serta penyetelan arah cahaya dan konsentrasi.

Mesin laser cutting engraving jumlahnya masih jarang digunakan pada perusahaan manufaktur tetapi banyak peminatnya karena benda yang dihasilkan dari mesin laser cutting engraving ini sangatlah variatif dan mampu menciptakan nilai seni sangat bagus dan perkembangan yang tidak terbatas.

Simak Juga: Mesin Laser Grafir

Leave us a Message