Standar Keselamatan Menerapkan Mesin Kayu

Standar Keselamatan Menerapkan Mesin Kayu
Kesadaran kepada bahaya keselamatan kerja di pabrik kayu atau sentra pengolahan kayu memang paling susah menerima perhatian dari para pekerja. Tetapi demikian itu merupakan tanggung jawab tiap-tiap orang untuk berprofesi dengan benar dan aman. Akan ada bagusnya sekiranya pertanda biasa berikut dapat anda berikan terhadap tiap-tiap operator mesin yang baru bergabung dan belum berpengalaman ataupun yang telah berpengalaman.

Sebelum anda mengaplikasikan mesin kayu, amat penting untuk mengamati hal-hal berikut ini demi keselamatan kerja dan kwalitas hasil kerja anda:
– Pakailah HANYA mesin yang pernah anda pelajari metode penerapannya.
– Baca dengan akurat buku pertanda penerapan mesin beserta standar keselamatannya.
– Pastikan bahwa anda benar-benar memahami pertanda hal yang demikian. Sekiranya masih terdapat keraguan, jangan segan untuk bertanya terhadap senior atau orang yang lebih berpengalaman mengaplikasikan mesin hal yang demikian.

Baca juga : mesin potong kayu

Standar Prosedur Penerapan Mesin
1. Pakai senantiasa pelindung mata atau google
2. Pakai masker untuk melindungi pernapasan anda apabila perlu. Terutamanya pada operator mesin amplas dan bor.
3. Periksalah tingkat kebisingan mesin yang akan anda pakai dan pilihlah earplug atau pelindung kuping dari kebisingan yang pantas.
4. Sekiranya anda berprofesi di mesin besar seperti bandsaw di sawmill atau ripsaw, pakailah sarung tangan. Akan tapi konsisten berhati-hati supaya tak terlalu dekat dengan komponen mesin yang berputar.
5. Pastikan bahwa seluruh alat keselataman mesin sudah terpasang dan berprofesi dengan bagus. Contohnya penutup pisau, pelindung lemparan balik dan sebagainya.
6. Mesin dan meja kerja mesin semestinya bebas dari alat-alat tolong yang diterapkan pada ketika penyetelan mesin.
7. Pakai alat tolong penunjang sekiranya benda kerja terlalu kecil atau sekiranya benda kerja tak memungkinkan untuk dikuasai secara lantas. Semisal ini untuk menghindari kecelakaan kerja pada jari tangan.
8. Anda dapat mengaplikasikan clamp/alat pengikat lainnya untuk menjaga benda kerja dari getaran. Contohnya pada ketika pengeboran atau pembuatan lubang alur.
9. Bersihkan lingkungan sekitar mesin yang akan diterapkan dari serpihan-serpihan atau benda lainnya yang dapat mengganggu keselamatan kerja.

Segala Preventif
– Lepaskan seluruh pernik-pernik pada tangan atau komponen tubuh lainnya (cincin, jam tangan atau kalung). Pakailah pernik hal yang demikian berpotensi memunculkan bahaya bagi anda.
– Usahakan untuk mempunyai potongan rambut pendek atau ikat rambut anda sedemikian rupa sehingga tak tergerai.
– Jangan membersihkan debu atau tatal mesin lantas dengan tangan anda, khususnya pada ketika mesin berjalan. Pakailah alat tolong lain seperti sebatang kayu atau sapu.
– Jangan pakai pistol angin (udara bertekanan) untuk membersihkan debu dari badan anda atau mesin. ? Dorongan angin cuma akan membikin debu beterbangan tak beraturan dan ini berbahaya mata dan pernapasan anda dan operator mesin yang lain. Lebih bagus anda mengaplikasikan penyedot debu (dust collector)
– JANGAN PERNAH meninggalkan mesin yang sedang berjalan tanpa pengawasan!
– Hindari berbincang-bincang atau berinteraksi dengan operator yang sedang melaksanakan mesin kayu.

 

 

Artikel terkait : Dinamo listrik

Leave us a Message