Minum Air Berlebihan Dapat Bikin Keracunan

Mungkin Geng Sehat telah bosan ya tiap-tiap kali diingatkan untuk minum air yang cukup. Ya, minum air yang cukup memang diperlukan tubuh supaya tak mengalami dehidrasi pengaruh berkeringat maupun membuang air kecil. Lazimnya, tiap-tiap orang dianjurkan untuk memenuhi keperluan cairan hariannya dengan sistem minum air minimal 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter air.

Padahal semacam itu, peraturan takaran ini tak sepenuhnya bagi tiap-tiap orang. Ini sebab keperluan cairan memang patut disesuaikan lagi dengan kesibukan, keadaan lingkungan, dan keadaan jasmaniah seseorang. Hmm, bagaimana kalau seseorang justru kelebihan mengkonsumsi cairan, ya? Apakah hal ini berimbas pada keadaan tubuh? Yuk, cari tahu selengkapnya berikut ini!

Bisa Menyebabkan Keracunan
Minum air dalam jumlah yang benar-benar banyak dalam waktu yang singkat bisa membikin kadar sodium dalam darah turun benar-benar drastis. Keadaan ini diketahui dengan sebutan hiponatremia. Kalau tak langsung ditangani, keadaan ini dapat kian parah dan menyebabkan tubuh keracunan air atau intoksikasi air, yang nantinya berimbas fatal.

“Seseorang dengan umur muda dan keadaan jasmaniah yang sehat lazimnya jarang mengalami hiponatremia, selain kalau mereka minum air dalam jumlah lebih dari 1 liter sekalian. Perlu dikenal, organ ginjal sesungguhnya cuma dapat mengeluarkan air paling banyak sekitar separo liter dalam 1 jam,” ujar Chris McStay, MD., dokter di Sekolah Kedokteran Universitas Colorado.

Mengapa Dapat Seperti?
Padahal diperlukan, pada kenyataannya tak seluruh air yang diminum mempunyai ion yang diperlukan tubuh. Ion ini nantinya akan keluar bersama peluh dalam format garam. Nah, seandainya konsumsi air terlalu banyak tanpa disertai penambahan keseimbangan asupan garam, bagus dari makanan atau minuman, karenanya fokus garam dalam darah akan berkurang.

Fokus garam dalam darah dibutuhkan tubuh untuk menjaga tekanan darah, kerja otot, dan syaraf supaya konsisten berprofesi normal. Kecuali itu, garam dalam darah memengaruhi kerja ginjal untuk mengontrol penyimpanan air dan mencegah tubuh menaruh air dalam jumlah yang terlalu banyak.

Fokus garam yang normal berkisar antara 135-145 mmol/liter. Padahal konsumsi air yang terlalu banyak bisa mengurangi fokus garam sampai sekitar 115-130 mmol/liter. Penurunan fokus ini akan berimbas pula pada penurunan fungsi darah sebab menjadi lebih cair.

 

 

 

Leave us a Message