6 Jenis Kolam Renang Anak yang Praktis untuk Halaman Rumah

Sedang merencanakan untuk mempunyai kolam renang sebagai tempat bermain untuk anak? Biaya yang tak sedikit dan perawatan yang memakan waktu juga pasti menjadi hal yang membuat kamu berpikir dua kali untuk mempunyai kolam renang. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak pilihan kolam renang anak yang tak membutuhkan perancangan yang kompleks seperti halnya kolam renang umum.

Bahkan beberapa pilihan kolam renang untuk anak begitu praktis untuk diterapkan karena sifatnya yang portabel dan inflatable (dapat ditiup dan dikempiskan). Kolam renang anak yang praktis ini juga dapat menyesuaikan dengan luas halaman atau taman rumah yang terbatas lahannya. Berikut ini yaitu beberapa contoh kolam renang anak yang dapat dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu lengang bersama anak.

Baca Juga: Kolam Portable

1. Kolam Renang Mini

Kalau kamu tetap berencana membuat kolam renang anak seperti desain kolam renang umum, maka kamu dapat memangkas besarnya biaya pembuatan dengan memperkecil luas kolam renang.

Kolam renang anak membutuhkan luas minimal sebesar 4 x 2,5 meter dengan kedalaman kurang dari 60 cm. Dengan ukuran luas yang mini ini maka biaya konstruksi sungguh-sungguh dapat dihemat. Selain itu, untuk perawatannya juga menjadi tidak terlalu menyulitkan.

2. Kolam Renang Tiup Simpel

Kolam renang tiup adalah kolam renang anak yang praktis untuk diterapkan. Kolam renang anak jenis ini bukanlah kolam renang yang tertanam di dalam tanah yang harus dibersihkan setiap minggunya. Sebaliknya, hanya diperlukan beberapa menit saja untuk memasang kolam renang anak ini, dan sedikit daya untuk memompanya.

Kolam renang tiup terbuat dari plastik yang membal dan mempunyai ketahanan yang tinggi. Sayangnya kolam renang tiup tidak dilengkapi dengan saringan sehingga tidak dapat dibiarkan selama berhari-hari. Maka dari itu setelah selesai digunakan sebaiknya langsung dibereskan dan disimpan kembali.

3. Kolam Renang Untuk Balita

Kolam renang anak yang bisa ditiup tersedia dalam berbagai jenis bentuk dan ukuran, selain itu masing-masing dariĀ  kolam renang tiup disesuaikan dengan usia anak untuk digunakan.

Untuk balita, pilihlah kolam renang tiup yang lebih kecil ukurannya dengan kedalaman yang dangkal. Karena ukurannya yang kecil, sama sekali tidak perlu memiliki halaman yang luas untuk kolam renang anak ini. Waktu untuk mempersiapkannya bahkan juga lebih cepat.

Cek Juga: Harga Kolam Renang Intex

4. Kolam Renang Anak dengan Mainan Interaktif

Anak yang telah lebih besar umumnya akan cepat bosan apabila hanya berendam di dalam kolam renang tiup umum. Perlu ditambahkan fitur menarik supaya bermain di kolam terasa semakin mengasyikkan.

Untuk itu, kamu dapat memilih model kolam renang anak yang dilengkapi dengan berbagai jenis permainan interaktif seperti perosotan, penyemprot air, papan seluncur, dan mandi bola. Karena ukurannya yang lebih besar, maka dibutuhkan tempat yang lebih luas untuk memasangnya.

5. Kolam Renang di Atas Permukaan untuk Keluarga

Sayangnya ukuran kolam renang tiup seperti itu terbatas, tidak dapat mengakomodasi banyak orang. Jika kamu ingin ikut berenang dan berendam bersama anak-anakmu, coba untuk memutuskan membuat kolam renang di atas permukaan.

Layaknya kolam renang yang dihasilkan di bawah permukaan, kolam renang ini juga dilengkapi dengan metode saringan air sehingga tidak perlu repot mengurasnya sesudah selesai digunakan. Biaya pembuatannya bahkan jauh lebih murah dibandingkan membuat kolam renang di bawah permukaan.

6. Kolam Renang Anak dari Dek Kayu

Kolam renang di atas permukaan terbuat dari material PVC. Kolam renang ini mempunyai ukuran dan bentuk yang bervariasi, tetapi desainnya yang rigid kelihatan membosankan dan kaku. Modifikasi dapat dilakukan supaya tampilan kolam renang ini kelihatan lebih menarik bagi anak, seperti melapisinya dengan kayu dan menambahkan dek kayu berupa tangga di sisinya.

Selain itu, ada juga versi portabel dari model kolam renang anak ini yang difungsikan dengan aliran listrik. Untuk pemasangannya bahkan juga lebih mudah dan lebih praktis karena bisa dikempiskan dan dilipat.

Dari keenam contoh jenis kolam renang anak ini masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tetapi, yang terpenting adalah memastikan kolam renang anak yang kamu pilih aman untuk anak.

Kunjungi Juga: Kolam Renang Intex

Leave us a Message