8 Tips Membeli Rumah di Jakarta yang Ideal dan Murah

Rumah menjadi salah satu keperluan pokok setiap orang terutama bagi yang sudah berkeluarga. Tetapi membeli rumah tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Membeli rumah terutama di area Jakarta dan sekitarnya sharus dipikirkan dengan benar-benar bagus tidak hanya dari segi harga, tetapi juga sebagian elemen lainnya. Supaya anda tidak menyesal dan buang uang secara percuma, silahkan simak tips membeli rumah di Jakarta yang akan kami berikan berikut ini.

1. Cari Sendiri Tanpa Makelar

Tips membeli rumah di Jakarta yang dapat anda lakukan adalah mencarinya secara langsung tanpa lewat makelar. Memang akan ada banyak kabar rumah murah di Jakarta yang dapat ditemukan dengan mudah di dunia maya. Tetapi disaat anda membeli rumah dari makelar atau agen, maka harga yang anda peroleh tentunya jadi lebih mahal.

Pilihan ini disebabkan karena ada fee tambahan untuk jasa yang mereka berikan yaitu minimal 2 persen dari harga transaksi. Ini juga belum termasuk dengan biaya surat-surat rumah seperti untuk balik nama. Biaya nantinya dapat lebih ditekan jika anda mencari rumah sendiri segera ke lapangan atau dapat juga mencari-cari di dunia maya yang memasang pemberitahuan TP atau dengan kata lain tanpa perantara.

Baca Juga: Perumahan di Sentul

2. Mencari ke Pameran Properti

Seandainya anda mau mendapatkan rumah dengan harga yang murah di Jakarta, maka sebaiknya anda lebih rajin untuk pergi ke pameran properti. Pameran akan senantiasa menghadirkan harga yang lebih murah termasuk juga pada pameran properti. Selain dapat menerima harga yang lebih murah karena ada diskon.

Potongan yang dapat anda peroleh juga cukup lumayan yaitu sekitar 5 Juta Rupiah dan malahan bisa lebih dari itu. Selain itu, proses KPR juga akan lebih mudah jika pembelian dilakukan pada saat pameran. Untuk itu, pastikan anda membaca seputar info properti sehingga dapat mengenal jadwal pameran properti pada masing masing area di Jakarta.

3. Beli Rumah di Lelang Bank

Tips selanjutnya yang dapat anda pakai disaat ingin membeli rumah di Jakarta adalah melalui lelang di bank. Bank mempunyai daftar rumah yang akan mereka lelang dari orang-orang yang mengalami macet kredit. Rumah lelang tersebut umumnya juga mempunyai harga yang lebih murah karena bank cenderung ingin memasarkan rumah secara cepat untuk menerima uang.

Untuk membeli rumah di lelang bank, anda dapat memeriksa di website bank dan melihat sendiri daftar rumah yang tersedia. Beberapa bank juga telah mempunyai aplikasi kabar lelang mereka yang dapat anda unduh di aplikasi handphone yang tidak hanya melelang rumah tetapi juga kabar lelang seputar kendaraan dan beberapa barang lain dengan harga yang tentu lebih murah kalau dibandingi dengan harga pasaran.

Cek Juga: Jual Rumah Sentul Bogor

4. Beli Rumah Inden atau Masih Dibangun

Rumah inden area Jakarta umumnya juga lebih murah jika dibandingi dengan rumah yang telah jadi karena developer memerlukan dana investasi supaya dapat menggerakkan bisnis properti miliknya. Tetapi, anda juga harus lebih bersabar karena proses menunggu rumah sampai jadi hingga siap dihuni juga tidak sebentar dan juga memastikan reputasi pengembang berbeda dengan cara membeli tanah.

Beli rumah inden juga dapat menjadi alternatif. Tetapi, pastikan anda memilih pengembang yang jelas karena jika salah memilih pengembang, risikonya rumah anda tidak akan pernah jadi atau terbengkalai di tengah jalan. Pilihan ini nantinya dapat menyebabkan anda rugi dari segi uang dan kerepotan karena harus mengurus perkara rumah inden tersebut.

5. Beli Rumah Bekas

Metode lain disaat anda ingin membeli rumah di Jakarta adalah membeli rumah bekas yang harganya tentu jauh lebih ramah di kantong dibandingkan disaat anda membeli rumah baru terutama jika penjual juga butuh dana cepat. Anda dapat melihat website jual beli rumah di dunia maya atau dapat mencari sendiri ke komplek perumahan yang anda inginkan. Yang harus diperhatikan saat membeli rumah second adalah kondisinya. Selama  kondisi rumah yang anda inginkan masih bagus, maka tidak ada salahnya membeli rumah yang sudah pernah dihuni tersebut.

6. Lakukan Pendekatan ke Special Assets Bank

Tips selanjutnya supaya anda dapat mendapat rumah murah di Jakarta adalah dengan koneksi yang luas. Ini sebenarnya tidak hanya berlaku disaat anda mencari rumah di Jakarta, tetapi juga di area lainnya. Seandainya anda mudah bergaul, maka cobalah untuk mendekati salah satu petugas special assets bank tersebut.

Pegawai bank yang mengelola aset yang macet seperti kredit tanpa agunan dan juga KPR dapat menolong anda untuk mendapat rumah di Jakarta. Rumah seringkali dijadikan sebagai agunan kredit dan tidak sedikit juga yang gagal dalam pembayaran yang kesudahannya membuat pihak bank menyita rumah tersebut. Agunan ini kemudian akan dipasarkan kembali atau dilelang untuk menutup seluruh kerugian bank. Biasanya nilai rumah sitaan bank tersebut akan jauh di bawah harga pasaran karena pihak bank ingin cepat mencairkan aset tersebut dalam bentuk uang.

Simak Juga: Cluster Baru di Sentul City

7. Pilih Model Rumah Kecil

Tips memilih rumah supaya anda mendapatkan rumah di Jakarta dengan harga relatif murah, maka pastikan anda memilih model rumah yang kecil. Pilihan yang sering menjadi persoalan disaat ingin membeli rumah di area Jakarta adalah karena harga tanah yang benar-benar tinggi dibandingkan area luar Jakarta dan inilah yang membuat harga rumah juga turut menjulang tinggi.

Seandainya anda mau mendapatkan rumah di Jakarta, maka pastikan untuk memilih rumah yang tidak terlalu banyak memakai lahan seperti misalnya tipe 36. Seandainya memang anda ingin menambah bangunan, karenanya nantinya anda bisa menambahnya ke atas atau meningkat rumah sehingga rumah yang anda miliki juga lebih besar.

8. Pilih yang Dekat Dengan Akses Transportasi

Tips membeli rumah selanjutnya, pastikan juga anda memilih rumah yang mempunyai akses masuk transportasi mudah. Seandainya anda memilih rumah yang jauh dari seluruh akses transportasi, maka hanya akan membuat anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk aktivitas sehari-hari terutama jika rumah tersebut lokasinya jauh dari lokasi kantor anda.

Masih banyak tips membeli rumah di Jakarta lainnya, tetapi beberapa cara di atas menjadi yang terutamanya jika anda ingin mendapatkan rumah dengan harga yang relatif lebih murah di Jakarta. Semoga dapat berguna untuk Anda.

Kunjungi Juga: Perumahan Sentul City

 

Leave us a Message