Tipe Pelapis Kayu untuk Tampilan Kayu Idaman

decking kayu

Decking Kayu

Kayu adalah material unggulan untuk diterapkan pada aneka perabotan rumah, kitchen set, maupun kelengkapan interior lainnya. Tidak cuma memilih kayu berkwalitas bagus, penerapan pelapis kayu malahan wajib dilaksanakan secara akurat sehingga bisa menciptakan penampilan yang indah, awet dan bendung lama.

Dengan berjenis-jenis alternatif pelapis kayu di pasaran, kenal tiap-tiap ragam dan manfaat dari pengaplikasiannya di bawah ini

Baca juga : Decking kayu

Pernis untuk Tampilan Alami

Pelapis kayu pernis sungguh-sungguh tepat diterapkan bila kau mengharapkan finishing kayu alami. Tersedia dalam look mengkilat dan matte, pernis dapat diterapkan secara gampang dengan mengoleskannya secara merata pada permukaan kayu.

Kecuali itu, pelapis ini malahan mempunyai ketahanan yang prima kepada air ataupun paparan cahaya sang surya. Tapi, pastikan kau menggunakan pelapis kayu pernis secara rutin sebab tergolong pesat pudar.

Minyak Kayu Jati untuk Kesan Alami Rustic

Pelapis kayu lainnya merupakan minyak kayu jati yang berprofesi dengan mengabsorpsi ke dalam pori-pori kayu dan tak menyusun lapisan film. Sayangnya, cairan pelapis kayu ini tak bendung kepada air dan goresan, serta lebih pesat pudar sehingga kau wajib melapisi kayu secara rutin.

Tapi, ragam pelapis ini sungguh-sungguh tepat dipakai sebagai finishing bila kau mau menerima kesan rustic.

Politur untuk Tampilan Mengkilat
Berikutnya merupakan pelapis kayu politur yang berisi serlak berupa serpihan. Cukup melarutkan serlak dengan alkohol, pemakaian ragam pelapis ini dapat dilaksanakan secara gampang dengan memoleskannya pada permukaan kayu mengaplikasikan kain.

Pelapis kayu politur bisa menciptakan lapisan film pada kayu, membikin kayu kian tebal, serta menciptakan tampilan mengkilat.

Nitro Cellulose untuk Tampilan Halus
Ada pula cairan pelapis kayu bernama Nitro Cellulose (NC) yang diterapkan dengan sistem dicampur dengan alkohol, lalu disemprotkan pada permukaan kayu.

Tipe pelapis ini mempunyai keunggulan bendung air, melainkan rentan terkupas bila diletakkan di bawah paparan cahaya sang surya. Berkaitan penampilan, pelapis kayu NC bisa menciptakan finishing halus dan terkesan licin.

Polyurethane untuk Perabot Outdoor
Alternatif pelapis kayu lainnya merupakan Polyurethane (PU) yang bisa menciptakan lapisan tebal untuk meningkatkan durabilitas kayu sehingga awet, bendung lama, bendung panas, bendung air, serta bendung goresan.

Bisa menciptakan tampilan mengkilap dan halus, daya yang prima dari pelapis kayu PU membuatnya sungguh-sungguh pantas untuk diterapkan pada furniture outdoor.

Melamin untuk Motif Variatif
Berikutnya merupakan pelapis kayu melamin yang juga bendung kepada air, goresan, ataupun benturan. Tipe pelapis ini tersedia dalam berjenis-jenis tipe tampilan finishing, mulai dari doff, semi-glossy, sampai glossy.

Tapi sayangnya, lapisan kayu ini mengandung bahan kimia yang tinggi sehingga kurang ramah lingkungan, serta lebih pesat pudar bila terpapar cahaya sang surya.

HPL untuk Furniture Estetik
Berikutnya merupakan High Pressure Laminate (HPL) yang lazim dipakai sebagai pelapis kayu olahan untuk perabotan seperti MDF atau blockboard. Tipe pelapis ini diterapkan pada komponen luar furniture dengan melekatkan segera mengaplikasikan perekat kayu.

Dipasarkan dengan harga relatif murah dan dapat diterapkan secara pesat, pelapis kayu HPL tersedia dalam berjenis-jenis tipe motif dan warna sehingga bisa meningkatkan keindahan furnitur.

Veneer dengan Tampilan Natural
Di pasaran, kau juga dapat menemukan pelapis kayu veneer yang bisa ditempelkan pada kayu olahan untuk hasilkan tekstur yang identik dengan kayu solid. Dipasarkan dalam wujud lembaran, pemasangan pelapis veneer kayu wajib dilaksanakan secara hati-hati sebab kulitnya tergolong tipis.

PVC untuk Finishing Aneka Motif
Terakhir merupakan pelapis kayu PVC berupa plastik tipis yang mempunyai tekstur menyerupai kayu orisinil dan terdiri dari berjenis-jenis motif. Ditempelkan pada kayu olahan, ragam pelapis ini tersedia dalam ukuran panjang sehingga dapat disesuaikan berdasarkan keperluan kau.

Sayangnya, pelapis kayu PVC mempunyai wujud yang cenderung tipis sehingga tak bendung kepada goresan.

Melewati review di atas, diinginkan kau dapat memilih pelapis kayu yang pantas untuk diaplikasikan di hunian kau. Pastikan tampilan akhir kayu cocok dengan desain interior hunian secara keseluruhan.

 

Artikel lainnya : Dinding kayu

Leave us a Message