Memilih Alat Prostetik Yang Tepat Untuk Anda

Membuat Keputusan Berdasarkan Informasi Adalah Kunci Gaya Hidup Aktif

Sebagian besar orang yang diamputasi pada tungkai bawah mengetahui masalah ini: Menemukan lutut prostetik yang tepat bukanlah tugas yang mudah. Bagi sebagian besar dari kita, ini berarti melakukan kompromi yang tepat antara kebutuhan sehari-hari, minat waktu luang, dan ambisi kita untuk beberapa tahun ke depan di satu sisi dan rencana asuransi kesehatan dan sarana keuangan di sisi lain. . Ini sendiri sudah agak rumit. Segalanya menjadi lebih rumit jika kita memperhitungkan bahwa lutut yang terbaik pun hanya dapat membuka potensi penuhnya jika dipasang di bawah soket yang pas, dikombinasikan dengan kaki yang bagus yang sesuai dengan tingkat aktivitas kita.
Begitu banyak untuk teorinya. Tapi apa sebenarnya artinya ini dalam praktik? Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi tantangan ini. Dan ada perbedaan yang signifikan tergantung pada negara tempat Anda tinggal dan layanan kesehatan yang berlaku untuk Anda. kaki palsu

Bergantung Pada Orang Lain Untuk Membuat Pilihan Untuk Anda

Jika Anda baru mengenal kehidupan orang yang diamputasi, lebih sering menemukan lutut kanan (dan kaki dan soket) yang tepat untuk Anda berarti mengandalkan orang lain untuk membuat – semoga – keputusan yang tepat. Bergantung pada negara tempat Anda tinggal, skenario yang paling mungkin adalah setelah amputasi Anda dirujuk ke seorang prostetik. Ia akan menilai Anda dan situasi Anda, baik dalam hal kondisi fisik dan kebutuhan Anda serta gaya hidup dan aspirasi Anda sebagai orang yang diamputasi. Dia kemudian akan memandu Anda melalui pilihan yang Anda miliki, menjelaskan pro dan kontra dari berbagai lutut palsu, menguraikan implikasi biaya, dan apa yang ditanggung atau tidak melalui layanan kesehatan nasional atau rencana asuransi Anda. Anda kemudian harus membuat keputusan tentang bagaimana Anda ingin melanjutkan. tangan palsu
Terkadang mungkin ada kesempatan tambahan untuk mencoba beberapa lutut / kaki yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum membuat keputusan akhir. Tetapi ini tidak diberikan dan sangat tergantung pada negara tempat Anda tinggal dan penyedia layanan tempat Anda bekerja. Jika Anda memiliki kesempatan ini, pastikan Anda menggunakannya. Tidak ada yang seperti pengalaman langsung. Dan ketahuilah bahwa begitu Anda membuat keputusan – dan dalam banyak kasus investasi besar – dan menetapkan satu prostesis atau lainnya, Anda akan terjebak dengannya selama lima sampai tujuh tahun ke depan.

Pindah Ke Kursi Pengemudi

Diamputasi yang lebih berpengalaman sering kali memiliki gagasan yang jauh lebih baik tentang apa yang mereka butuhkan. Seringkali mereka dapat memanfaatkan banyak pengalaman langsung dalam berbagai situasi. Banyak yang telah menggunakan model berbeda selama bertahun-tahun dan belajar menghargai pro dan kontra dari berbagai lutut dan kaki. Berdasarkan pengetahuan ini, mereka dapat membuat keputusan yang tepat tentang prostesis berikutnya yang ingin mereka dapatkan, fitur mana yang harus dimiliki, dan fitur apa yang mereka senang untuk hidup tanpanya. harga kaki palsu
Banyak orang yang telah diamputasi untuk jangka waktu yang lebih lama secara teratur melakukan pertukaran dengan orang lain yang menderita kehilangan anggota tubuh. Mereka aktif di forum, dalam kelompok diskusi, dan memiliki kontak dengan kelompok pendukung dan badan amal. Namun demikian, berdiskusi secara mendalam dengan prostetik merupakan bagian penting dari proses memilih lutut prostetik yang tepat. Dan semoga – seperti yang disebutkan di atas – Anda memiliki kesempatan untuk mencoba kombinasi lutut-kaki favorit Anda sebelum membuat keputusan akhir.

Memiliki Prosthetist Tepercaya Di Sisi Anda

Mengapa menurut saya diskusi mendalam dengan prosthetist berpengalaman itu penting? Atau bahkan lebih baik dengan tim yang terdiri dari prosthetist dan fisioterapis dengan pengalaman bertahun-tahun dengan orang yang diamputasi? Menurut saya, terlepas dari semua informasi yang Anda peroleh dari pertukaran Anda dengan orang yang diamputasi, dari internet, dan dari sumber lain, prostetik Anda tetap menjadi mitra terpenting Anda dalam proses ini untuk membantu Anda menjelajahi lanskap yang semakin kompleks.
Bagi banyak dari kita, godaan tinggi untuk menggunakan lutut mikroprosesor yang paling canggih, jika kita mampu membelinya. Tetapi ada lebih banyak hal untuk membuat keputusan ini daripada membidik produk top-of-the-range terbaru. Akankah lutut ini bekerja dengan kaki yang Anda pikirkan? Berapa lama baterai bertahan dengan sekali pengisian? Dan seberapa penting bagi Anda untuk tidak dapat menggunakan opsi pengisian daya berikutnya untuk waktu yang lama? Dapatkah Anda mengubah pengaturan sendiri atau apakah Anda harus pergi ke dokter prostetik setiap kali ini perlu dilakukan? Jika demikian, seberapa jauh Anda dari prosthetist berikutnya? Bagaimana dengan keandalan; yaitu lutut mungkin bagus saat bekerja. Tapi prostetik Anda akan tahu apakah itu rawan gagal. Dia akan dapat memberi tahu Anda detail tentang layanan dan pemeliharaan, masalah jaminan, implikasi biaya potensial jika perlu diperbaiki dan sejenisnya. harga tangan palsu
Seringkali prostetik Anda – dan terkadang ahli fisioterapi khusus – dapat memanfaatkan banyak sekali pengalaman dari pengguna lain dan lebih dari bersedia untuk berbagi. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin dapat menghubungkan Anda secara langsung ke pengguna lain untuk mendorong pertukaran langsung. Jadi, memiliki kesempatan untuk terlibat dalam diskusi mendalam dengan dokter prostetik Anda – dan terkadang juga dengan fisioterapis berpengalaman – adalah kunci saat mencari prostesis lutut baru.

Lebih Banyak Pikiran Tentang Bekerja Dengan Seorang Prosthetist

Tetapi menemukan seorang prostetik berpengalaman hanyalah salah satu aspek dari kolaborasi yang akan Anda lakukan (dan di sini saya mengambil komitmen dan bersedia untuk meluangkan waktu yang diperlukan begitu saja). Yang penting lainnya adalah gaya kerja. Dan ini adalah masalah preferensi pribadi dan dalam banyak hal pertanyaan tentang apa yang membuat Anda nyaman.
Saya harap tidak ada yang merasa tersinggung dengan kalimat berikut! Namun menurut saya, masalah berikut ini sangat penting dan pada saat yang sama tampaknya agak tabu dan orang sering tidak membicarakannya. Saya pikir sangat penting bagi Anda untuk memercayai prostetik Anda dan bahwa Anda merasa aman secara emosional selama proses dari penilaian awal melalui mendapatkan soket dan menguji lutut dan kaki untuk diberikan – mudah-mudahan – prostesis luar biasa yang akan memungkinkan Anda untuk menjadi. aktif dan hidup mandiri dan aktif.
Proses ini melibatkan kontak fisik yang erat. Dan sayangnya banyak masalah di sekitar soket yang tidak pas, kulit rusak, dan masalah lain yang begitu akrab dengan semua orang yang diamputasi berada di area yang biasanya tidak kita bicarakan, di mana kita tidak menginginkan tangan orang lain, dan di mana kita tidak berada. terlalu senang dengan proses coba-coba tanpa akhir. Beberapa prostetik sangat aktif. Mereka menyeret Anda sambil berlutut saat Anda berjalan dan mencoba menjelaskan masalah dengan soket. Mereka perlu merasakan bagaimana otot Anda bekerja selama gerakan tertentu, bagaimana punggung Anda tegang selama perubahan dalam set-up, dll. Prostetis lain bekerja lebih banyak dari pengukuran, dari observasi, dari umpan balik yang didapat dari Anda dan agak lepas tangan pendekatan mereka.

Saya tidak berpikir ada benar atau salah. Bagi banyak orang yang diamputasi – termasuk saya sendiri – pendekatan langsung sangat baik karena sering kali memberikan hasil yang luar biasa. Bagi orang lain, gagasan membuat orang lain menyentuh Anda di area ini adalah antara tidak menyenangkan dan menjijikkan. Tambahkan perbedaan budaya, gender dan masalah generasi dan situasi yang cukup kompleks untuk dinavigasi.
Salah satu pelajaran yang bisa ditarik di sini adalah sebagai berikut. Pastikan prostetik Anda menjelaskan proses yang ada di depan. Tanyakan padanya semua detail yang Anda minati. Tanyakan tidak hanya tentang apa (apa yang akan terjadi) tetapi juga tentang bagaimana (bagaimana sesuatu akan dilakukan dan siapa yang akan melakukannya); misalnya, soket diagnostik awal akan dibuat sesuai dengan pemindaian, pengukuran, atau model yang telah diambil dari puntung anggota gerak Anda). Lakukan diskusi yang jujur ​​dengan dokter prostetik Anda tentang apa yang Anda harapkan dan tingkat kontak fisik yang baik untuk Anda dan apa yang membuat Anda tidak nyaman. Saya tahu memulai diskusi ini tidak selalu mudah. Tetapi mendapatkan prostetik yang tepat bisa menjadi proses yang panjang dan seringkali menuntut secara emosional. Akan ada pasang surut. Dan Anda ingin memastikan bahwa Anda dan prostetik Anda memiliki hubungan tepercaya. Jadi cobalah untuk menghilangkan sumber iritasi dan faktor pengganggu yang tidak perlu sejak awal.

 

Bagaimana Menemukan Desainer Interior yang Tepat

Leave us a Message